Meet our librarians

Do you have a research or collection query? Need help finding information, manage research, publishing journal? Ask one of our librarians!

From Computer, Information, General collections, Philosophy, Psychology and Religion (DDC number 000 – 339), our expert staff can help answer your questions and offer research guidance.

Meet us!

Ruang koleksi 000 – 339 merupakan salah satu ruang koleksi yang ada di UPT Perpustakaan UNS. Ruang 000 – 339 berada di gedung UPT Perpustakaan UNS sayap timur lantai 1.

Jam buka layanan peminjaman koleksi dengan nomor klasifikasi 000 – 449 dari jam 07.30 s.d. 21.00 WIB

Sarana dan prasarana merupakan segala sesuatu yang digunakan sebagai sarana, alat serta penunjang berlangsungnya kegiatan layanan. Sarana dan prasarana yang terdapat di ruang koleksi 000 – 339 yaitu:

  1. Komputer pengunjung
    Terletak dekat pintu masuk ruangan. Tujuan disediakan komputer ini adalah untuk mengetahui statistik pengunjung yang datang ke ruangan gedung lama. Ada 2 buah komputer disediakan bagi pemustaka. Cara penggunaan sangat mudah yaitu setiap pemustaka yang datang ketik NIM bagi mahasiswa aktif UNS sedangkan mahasiswa alumni atau mahasiswa luar UNS dengan cara ketik nama serta asal.
  2. Komputer OPAC (Online Public Access Catalog).
    Komputer OPAC dimanfaatkan oleh pemustaka sebagai sarana untuk menelusur koleksi yang ada di UPT Perpustakaan UNS. Dengan adanya komputer OPAC pemustaka dapat dengan mudah mencari dan menemukan koleksi yang diinginkan dengan mencatat nomor klasifikasi koleksi tersebut dan menuju ke rak untuk mendapatkan koleksinya.
  3. Ruang baca
    Ruang baca dengan meja dan kursi ini disediakan bagi pemustaka yang ingin membaca di tempat, diskusi serta memanfaatkan fasilitas wifi yang ada. Ruang baca terletak di dekat rak koleksi dengan tujuan mendekatkan koleksi kepada pemustaka saat ingin membaca di tempat. Ruang baca ini ada 2 terletak di ruang koleksi 000 – 299 dan ruang koleksi 300 – 339.
  4. Ruang baca lesehan
    Bagi pemustaka yang ingin mengerjakan tugas maupun berdiskusi dengan lebih nyaman dapat memanfaatkan 2 ruang baca lesehan. Ruang baca lesehan yang pertama terletak diantara ruang koleksi 000 – 299 dan ruang koleksi 300 – 339,  serta ruang baca lesehan yang kedua berada di dalam ruang koleksi 300 – 339.
  5. Komputer layanan
    Komputer ini digunakan sebagai sarana pemrosesan peminjaman koleksi 000-499. Ada 3 buah komputer yang disediakan untuk operasional layanan.
  6. Rak koleksi
    Di ruang koleksi 000 – 339 tersedia 25 rak beserta koleksinya terdiri dari 10 rak di ruang koleksi 000 – 299 dan 15 rak di ruang koleksi 300 – 339.
  7. Sofa bagi pemustaka
    Sofa pemustaka disediakan bagi pengunjung yang ingin duduk dan berdiskusi santai dekat dengan rak koleksi. Sofa juga berfungsi bagi pemustaka yang sedang menunggu proses peminjaman dengan kasus tertentu.
  8. Pendingin ruangan (AC) dan kipas angin merupakan sarana dan prasarana yang sangat penting demi kenyaman pengunjung yang berada di dalam ruang koleksi 000-339. Jumlah AC di ruang koleksi 000 – 339  ada 4 dan jumlah kipas angin ada 3
  9. Pengharum ruangan sebagai sarana dan prasarana yang disediakan di setiap sisi ruangan supaya tetap selalu segar dan wangi. Dengan adanya pengharum ruangan diharapkan mampu menciptakan suasana yang nyaman sehingga pengunjung betah berlama-lama di dalam perpustakaan baik untuk sekedar membaca, belajar dan berdiskusi. Jumlah pengharum ruangan di ruang koleksi 000 – 339 ada 6.
  10. Ruang staff digunakan untuk koordinasi tim layanan 000 – 339. Terdapat 9 buah meja kursi, kamar mandi khusus staff, 2 komputer dan almari loker untuk menyimpan tas staff.