Kuatkan Budaya Literasi, Perpustakaan UNS Selenggarakan Workshop Penulisan


SOLO – Dalam rangka mendukung dan menguatkan budaya literasi, dibutuhkan kemampuan untuk membaca dan menulis baik itu karya ilmiah, artikel populer, atau karya fiksi. Oleh karena itu, UPT Perpustakaan UNS Surakarta berupaya ikut serta dan mendukung gerakan penguatan budaya literasi tersebut, yaitu dengan mengadakan kegiatan Workshop Penulisan yang bertema: “Bangga Berbahasa Indonesia untuk Menguatkan Budaya Literasi dengan Membaca dan Menulis

Kegiatan ini direncanakan berlangsung Selasa, 29 Agustus 2017, bertempat di Ruang Seminar lantai 2 UPT Perpustakaan UNS. Adapun kegiatan workshop ini menampilkan empat pembicara yaitu Dr. Restu Sukesti, M.Hum. (Balai Bahasa Provinsi DI Yogyakarta), Dr. Muhammad Rohmadi, S.S.,M.Hum, (Kepala UPT Perpustakaan UNS), Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. (Ketua Jurusan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta), dan Wiji Suwarno, S.PdI., S.IPI., M.Hum. (Kepala Perpustakaan IAIN Salatiga).Peserta dari kegiatan ini berasal dari para guru dan dosen, mahasiswa, pustakawan, pengelola perpustakaan, serta pemerhati dan pegiat perpustakaan.

Menurut Kepala UPT Perpustakaan UNS, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum., bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, kualitas dan kuantitas karya tulis, baik dari civitas akademika Universitas Sebelas Maret maupaun dari masyarakat umum. Selain itu, juga dapat memperkaya koleksi lokal (local content), sehingga dapat dijadikan koleksi unggulan.

UPT Perpustakaan sampai saat ini terus berbenah, dimana pengembangan Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar dan memberikan layanan 24 jam untuk mahasiswa seperti yang sudah dilakukan oleh UPT Perpustakaan UNS Surakarta selama ini. Ke depan, pengembangan SDM Pustakawan dan Staf Perpustakaan terus didorong untuk dapat memberikan layanan prima dan unggul bagi para pemustaka.Sebagai unsur penunjang pendidikan,  Perpustakaan UNS berupaya seoptimal mungkin dalam mendukung cita-cita institusi sehingga perpustakaan pun diarahkan pada world class university library. Terkait koleksi bahan pustaka baik cetak dan non-cetak (e-journal dan e-book), sarana dan prasarana pendukung, sumberdaya manusia pustakawan, dan support sistem TIK perpustakaan. Apalagi Peprustakaan UNS saat ini sudah terkreditasi A dan mempunyai sertifikat ISO 9001:2008.


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *