Perpustakaan UNS menggelar sosialisasi database e-journal CNKI

foto bersama peserta literasi dengan narasumber setelah acara selesai

Menulis ilmiah adalah kewajiban bagi setiap mahasiswa dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Dalam menulis dibutuhkan sumber referensi yang relevan sebagai acuan dalam proses pemecahan masalah. Oleh sebab itu ketepatan pemilihan sumber referensi menjadi hal yang penting dalam sebuah karya tulis ilmiah. UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebagai central library menggelar sosialisasi database e-journal China National Knowledge Infrastructure (CNKI) yang diselenggarakan pada Senin (29/04/2019) bertempat di Ruang Nakula lantai 2 UPT Perpustakaan UNS. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari CNKI Southeast Asia Sales Manager, Marissa Gu, dengan didampingi oleh Riah Wiratningsih selaku pengelola e-resources UPT Perpustakaan UNS, dan dibuka oleh Daryono, S.Sos.,M.IP., selaku Ketua Divisi Penjaminan Mutu UPT Perpustakaan UNS.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen prodi Bahasa mandarin UNS ini, bertujuan untuk mengoptimalkan, serta meningkatkan akses, mendukung kemudahan dalam menulis ilmiah (sebagai sumber referensi) dalam mengerjakan tugas-tugas akademis, menyusun tugas akhir dan outputnya terpublikasi pada jurnal nasional ataupun jurnal internasional. Daryono dalam sambutannya menyampaikan bahwa UPT Perpustakaan UNS telah melanggan database e-journal CNKI ini sejak pertengahan tahun 2018, dengan tujuan database CNKI ini dapat memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan berbahasa mandarin bagi mahasiswa prodi Bahasa mandarin khususnya dan pemustaka lainnya secara umum.

Daryono, S.Sos., M.IP saat memberikan sambutan kegiatan literasi

“Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa akan diberikan sosialisasi terkait penggunaan database tersebut, sehingga akan lebih mudah menemukan referensi yang cepat dan akurat” tambahnya. Database CNKI ini dapat diakses melalui https://library.uns.ac.id/e-journal/. Adapun Database CNKI yang telah dilanggan meliputi China Academic Journals Full-text Database (CJFD) dan China Doctors/Masters Dissertations (CDMD).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.