Skip to content Skip to footer

Online Literacy Series 2024 “Bibliometrika: Buat Apa?”

Materi webinar bisa diakses di sini. Rekaman webinar bisa dilihat di kanal resmi Youtube Perpustakaan UNS di sini 

UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan webinar online literacy series 2024 bertema “Bibliometrika: Buat apa?” dengan pembicara utama Tri Hardian S., S.T., M.A., staf oerpustakaan UNS. Webinar diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis (30/5/2024). Narasumber webinar membahas mengenai pemanfaatan bibliometrik untuk mengevaluasi dan merencanakan penelitian yang dilakukan oleh civitas akademika di perguruan tinggi.

“Selama ini kita lebih familiar dengan software seperti VOSviewer, Bibliometrix, dan fitur analitis pada database seperti Scopus dan PubMed. Namun penggunaan alat-alat tersebut dapat dirangkum dalam suatu ilmu yang disebut Bibliometrics. Bibliometrika merupakan salah satu cabang ilmu perpustakaan yang akhir-akhir ini sering dibicarakan. Mahasiswa dan peneliti senior menggunakan bibliometrik untuk mencari hal baru, kesenjangan penelitian, tren dalam suatu bidang sains, dan mencari prospek kolaborasi. Teknik bibliometrika telah diterapkan setidaknya selama satu abad. Bibliometrik sebagai kajian ilmiah utamanya dipicu oleh pengembangan Science Citation Index (SCI) dari Institute for Scientific Information (ISI) oleh Eugene Garfield pada tahun 1960an, ” terang Tri Hardian. Selengkapnya mengenai materi ini bisa dilihat di kanal Youtube resmi UPT Perpustakaan UNS.

[ ARSIP PUBLIKASI ACARA]

UPT Perpustakaan UNS kembali menyelenggarakan Online Literacy Series (OLS) 2024. Seri ke-13 ini mengambil tema “Bibliometrika: Buat Apa?”

Pelaksanaan Kegiatan :

  • Hari, tanggal: Kamis, 30 Mei 2024
  • Waktu: 09.00 WIB – selesai
  • Narasumber: Tri Hardian S., S.T., M.A.

 

1 Comments

  • ELYS YEKTI RAHAYU
    Posted 30 May 2024 5:54 pm 0Likes

    Senang mendapat ilmu baru

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.