Skip to content Skip to footer

Online Literacy Series 2024 “Pemanfaatan Reference Manager dalam Mendukung Publikasi Ilmiah (Mendeley, Zotero, EndNote)”

[ MATERI WEBINAR ]

Materi webinar “Pemanfaatan Reference Manager dalam Mendukung Publikasi Ilmiah” bisa diunduh di sini
Video webinar bisa dilihat di kanal Youtube resmi UNS Library di sini

[ BERITA ]

UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan webinar online literacy series 2024 “ Pemanfaatan Refence Manager dalam Mendukung Publikasi Ilmiah (Mendeley, Zootero, Endnote).  Webinar diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (6/3/2024).

Narasumber webinar, Haryanto, S.IP., M.IP., membahas mengenai pemanfaatan reference manager Mendeley, Zotero, dan EndNote merupakan pengelola referensi  yang memudahkan penulis mengelola sumber-sumber referensi yang dimiliki sebagai acuan dalam penulisan rujukan. Koleksi jurnal-jurnal, e-journal dan e-book yang kita miliki dan kemampuan bisa memilah-milahkan dari judul kemudian pengarang, penerbit, tahun, lokasi itu semua ada bisa otomatis dipilah-pilahkan dengan catatan kita mencari e-journal, e-book yang berkualitas dalam artian memang ada beberapa yang tidak bisa dikenali karena bentuknya, strukturnya dari karya ilmiah tersebut.

Kalau jaman dulu kita mencari informasi, sekarang kita memilah informasi mana yang terbaik. Kita tahu bahwa dukungan yang namanya Ebsco, Proquest, ScienceDirect, Emerald banyak sekali di berbagai perguruan tinggi ada di Perpustakaan Nasional bisa digunakan masyarakat se-Indonesia dan bisa di akses. Informasi-informasi ini kalau kita download secara otomatis nantinya juga akan rapi tersimpan, sehingga nantinya ketika kita membutuhkan informasi ini akan mudah untuk digunakan  dan ditemukan kembali, jadi dapat menggunakan dengan mudah bahkan otomatis. Ketika referensi itu tersedia yang namanya menulis itu akan semakin mudah, mensitasi itu mudah, membuat daftar pustaka juga mudah, ketika semua hal ini dilakukan.” terang Haryanto.

 

[ ARSIP PUBLIKASI ACARA ]

Kegiatan ini  untuk membantu penulis, peneliti, dan akademisi memahami bagaimana menggunakan alat referensi, mulai dari perangkat lunak manajemen referensi hingga fitur pencarian literatur yang relevan, menyusun daftar referensi, hingga mengelola kutipan dan bibliografi
Kegiatan akan dilaksanakan pada:
  • Hari, tanggal: Rabu, 6 Maret 2024
  • Waktu: 09.00 WIB – Selesai
  • Tempat: Zoom
  • Narasumber: Haryanto, S.IP., M.IP. (Pustakawan UNS)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.