Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat UNS Tahun 2017

SOLO – Bertempat di Ruang Nakula Lt.2 UPT Perpustakaan UNS, Senin 31 Juli 2017, telah dilaksanakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Universitas Sebelas Maret tahun 2017. Kegiatan ini diikuti oleh empat orang pustakawan UNS yaitu Sri Utari, SE., Dian Hapsari, S.Sos., MIP., Haryanto, S.IP., MIP. dan Temu, A.Md. Adapun bertindak sebagai tim juri adalah kepala UPT Perpustakaan UNS Surakarta, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum. dan Pustakawan UPT Perpustakaan UNS  Surakarta, Drs. Harmawan, M.Lib.

Menurut Kepala UPT Perpustakaan UNS, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi hardskills dan softskills pustakawan, terkait dengan etos kerja (meliputi semangat, target kerja, deskripsi, ketangguhan), integritas diri (kejujuran, keteguhan pada prinsip, konsentrasi, tanggungjawab dan keteladanan), keterbukaan terhadap kritik, pendapat dan saran orang lain, juga peran sosial (kemampuan kerjasama dan komunikasi), serta kreativitas dan inovasi. Selain itu, calon pustakawan berprestasi ini juga diuji terkait dengan karya prestasi unggulan terbaik di bidang perpustakaan dan informasi dalam tiga tahun terkahir.

Sedangkan tim juri yang lain, Drs. Harmawan, M.Lib. menyatakan bahwa aspek-aspek yang dinilai meliputi pengembangan koleksi (berupa kajian pengguna, penyusunan kebijakan penegmbangan koleksi, dan seleksi bahan pustaka), pengolahan bahan pustaka, pelayanan, pengembangan sistem perpustakaan, karya tulis berbasis perpustakaan, dan pengabdian kepada masyarakat. Penilaian dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap pertama penilaian desk evaluation dari dokumen portofolio, sedangkan tahap kedua berupa presentasi karya tulis dan diskusi. Pemenang dari Pemilihan Pustakawan Berprestasi tingkat UNS ini berhak mewakili UNS berlaga di tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada bulan September 2017.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *