Perpustakaan UMS Melakukan Kunjungan dan Penandatanganan MoU Kerjasama dengan Perpustakaan UNS

SOLO – Hari Kamis, 22 September 2016 bertempat di Ruang Nakula Lantai 2 Gedung Utama UPT Perpustakaan UNS, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum., selaku Kepala UPT Perpustakaan UNS Surakarta menerima kunjungan dan menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) Kerjasama dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yang diwakili oleh Kepala Perpustakaan UMS Mustofa, S.E. dan didampingi oleh Satf dan pustakawan Perpustakaan UMS Surakarta.
Menurut paparan Kepala UPT Perpustakaan UNS, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum, yang didampingi oleh Kasubbag TU, Ketua Kelompok Jabatan Pustakawan, Ketua Divisi dan Staf UPT Perpustakaan UNS, bahwa Perpustakaan UNS selama ini telah menerapkan layanan kepada para pemustaka berbasis layanan prima dan unggul. Selain itu, setelah kunjungan dan penandatangan ini juga diharapkan terjalin kerjasama dan sinergi yang kuat, pendampingan kepada pustakawan dan program perpustakaan secara berkelanjutan, serta simbiosis mutualisme diantara kedua institusi tersebut, khususnya dalam bidang pemanfaatan dan share koleksi bahan pustaka yang dimiliki dalam rangka mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Kepala Perpustakaan UMS Surakarta, Mustofa, S.E., menjelaskan bahwa pentingnya membangun jaringan kerja sama yang lebih erat lagi terkait dengan akreditasi institusi, pengembangan kampus, sharing koleksi perpustakaan, dan optimalisasi penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui MoU kerja sama ini juga diharapkan terjadi kolaborasi yang positif secara kelembagaan dan adanya akses literasi informasi yang seluas-luasnya terutama bagi kedua belah pihak, sehingga dapat menciptakan generasi yang cerdas dan unggul serta kompetitif. Selain itu dengan adanya unit Divisi Humas Kerjasama dan Bisnis ini memberikan suatu inovasi baru terkait dengan beberapa program rintisan bisnis yang dikembangkan oleh divisi ini, sehingga bisa memberikan penguatan kewirausahaan berbasis perpustakaan (entrepreneurship library) dan memberikan income generating bagi Perpustakaan. Selain itu juga adanya program magang bisnis dan magang akademik merupakan sesuatu yang baru, sehingga ke depan bisa diadopsi oleh Perpustakaan UMS.
Menurut Ketua Divisi Humas, Kerjasama dan Bisnis UPT Perpustakaan UNS, Achmad Nur Chamdi, M.Si., bahwa MoU kerjasama antara UPT Perpustakaan UNS Surakarta dengan Perpustakaan UMS Surakarta ini berlaku selama 3 (tiga) tahun sejak ditandangani MoU tersebut. Ke depan, UPT Perpustakaan UNS akan terus meningkatkan potensi yang dimiliki dan mengembangkan sayapnya dalam upaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sehingga dapat terus berkembang, bermanfaat, dan berdaya saing. Serta UPT Perpustakaan UNS juga berinisiasi ingin menjalin komunikasi dan sinergi dengan seluruh elemen dan stakeholder perpustakaan se-Soloraya dalam waktu dekat ini. (Divisi Humas, Kerjasama dan Bisnis)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.