Perpustakaan UNS bersama EDC FKIP UNS Menggelar Pelatihan Otomasi Perpustakaan

Pustakawan UNS, Aji Hartono memberikan pelatihan penggunaan SLiMS (10/01/2019)

UNS –  Dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai manajemen perpustakaan bagi calon kepala Perpustakaan, khususnya di bidang otomasi perpustakaan, maka UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama Education Development Center (EDC) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS, menggelar Diklat Calon Kepala Perpustakaan dengan materi Pelatihan Otomasi Perpustakaan menggunakan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) pada Kamis (10/1/2019) bertempat di Ruang Seminar Lantai 2 Perpustakaan UNS.

SLiMS (Senayan Library Management System) merupakan salah satu aplikasi (software) perpustakaan yang dikembangkan berbasis open source  dikombinasikan dengan ilmu perpustakaan. Dengan kata lain, SLiMS dibangun berdasarkan asas Ilmu Perpustakaan dan Informasi, sehingga dapat diterapkan pada semua jenis perpustakaan. Perancang perangkat lunak ini, semuanya mempunyai latar belakang perpustakaan, lulusan ilmu perpustakaan, yang bekerja di perpustakaan atau lembaga informasi ataupun sebagai pengajar di lembaga pendidikan ilmu perpustakaan. Kegiatan pelatihan ini merupakan serangkaian pelatihan yang telah dimulai pada hari Minggu (6/1/2019) dengan materi pelatihan diantaranya Manajemen Perpustakaan, Pengembangan Koleksi, Klasifikasi, Katalogisasi, layanan referensi, promosi perpustakaan, dan otomasi perpustakaan bertempat di Hotel Pramesthi.

Suasana Pelatihan Otomasi Perpustakaan dalam Diklat Kepala Perpustakaan (10/01/2019)

Salah satu yang menjadi tujuan dari kegiatan pelatihan otomasi perpustakaan ini ialah sebagai pembekalan kepada peserta calon kepala perpustakaan agar mengenal dan mampu mengoperasikan SLiMS serta dapat menerapkannya di perpustakaan sekolahnya masing-masing. Kegiatan ini dipandu oleh pustakawan UNS, Aji Hartono, A.Md. dan 4 orang staff perpustakaan yang ikut serta mendampingi peserta, serta diikuti sebanyak 77 peserta calon kepala perpustakaan sekolah dari berbagai daerah di Indonesia.

 “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi calon kepala perpustakaan, karena dengan diklat ini saya dapat belajar tentang ilmu perpustakaan, mulai dari menginventaris buku, mengolah sampai menyajikan buku kepada anak siswa saya di sekolah dengan benar” papar salah satu peserta diklat. (anr)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.