Perpustakaan UNS Gelar Kuliah Umum Literasi Pendidikan dan Guru Abad XXI

Giyato, M.Pd saat menyampaikan materi kuliah umum

Perpustakaan UNS adakan adakan kuliah umum literasi pendidikan dengan tema “Literasi Pendidikan dan Guru Abad XXI” pada Senin, 8 April 2019 di Ruang Seminar Lt 2 Perpustakaan UNS.

Kuliah umum tersebut menghadirkan narasumber (1) Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum (Kepala UPT Perpustakaan UNS dan Dosen PBI FKIP UNS), (2) Giyato, M.Pd. (Guru SMA N 1 Karanganyar, Guru peserta Kursus Luar Negeri Applied teaching methodologies in the 21 tahun 2019, dan Pemenang OGN 2017). Dalam paparanya, Muhammad Rohmadi menyampaikan bahwa Pendidikan menjadi kewajiban bersama seluruh elemen bangsa. Lebih lanjut dijelaskan bahwa guru abad XXI harus kreatif, inovatif, produktif, dan komunikatif. Selain itu, guru, abad XXI harus kuasai kompetensi 4C (kreatif, berpikir kritis, komunikatif, dan kolaboratif). Dalam proses pembelajaran guru abad XXI juga harus menguasai STEAM, HOTS, dan juga melek literasi teknologi.

Kemudian, ditambahkan narsumber satunya lagi, Giyato, M.Pd. bahwa guru abad xxi harus banyak berkreasi dan berinovasi, seperti yang dilakukanya dalam lomba OGN 2017 dan memenangi lomba tersebut. Guru harus dapat memroduksi model-model pembelajaran inovatif, media pembelajaran, dan juga kaya setrategi inovatif sesuai dengan konteks pembelajaranya.

Lebih lanjut, Giyato, menambahkan kalau guru terus belajar dan berinovasi akan dapat meningkatkan daya saing guru, baik dalam pembelajaran, lomba Inovasi pembelajaran, bestpractice, dan juga kompetesi-kompetisi lainnya.

Dalam kuliah umum literasi tersebut, Giyato juga menceritakan perjalanannya kursus selama hampir satu bulan di Australia. Abad XXI guru harus memahami kebutuhan siswa, pengembangan softskill. Guru harus kaya materi, model, dan menerapkan pembelajaran aktif.

Akhirnya ditutup dengan penguatan kedua narasumber bahwa literasi pendidikan abad xxi harus diwujudkan dengan berkolaborasi semua pihak, baik guru, siswa, kepala sekolah, dan pengambil kebijakan. Dengan demikian, komitmen bersama adalah keniscayaan untuk wujudkan dengan melaksanakan 3B (berkomunikasi, berkolaborasi, dan beraksi), tambah Muhammad Rohmadi.

Surakarta, 8 April 2019
Kepala UPT Perpustakaan UNS
Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.