PERPUSTAKAAN UNS GELAR WORKSHOP RESEARCH PUBLICATION AND CITATION RESOURCES

Solo – Dalam rangka meningkatkan menulis ilmiah bagi mahasiswa, dosen dan peneliti di perguruan tinggi, khususnya di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Perpustakaan UNS Surakarta menggelar workshop dengan tajuk Research Publication and Citation Resources yang diselenggarakan pada Selasa (24/09/2019) bertempat di ruang werkudara UPT Perpustakaan UNS.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan peneliti dilingkungan UNS ini menghadirkan 4 narasumber yakni pertama Bambang Hermanto, M.IP., kedua Sri Utari, M.IP., Riah Wiratningsih, M.Si dan Putut Suharso, S.Sos., MA.

Kepala UPT Perpustakaan UNS, Burhanudin Harahap, S.H., M.H., M.SI., Ph.D., menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah bersedia mengikuti kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UNS. Dengan workshop ini, diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan mengenai penelusuran sumber informasi elektronik, cara sistasi dengan menggunakan mendeley, cek orginalitas tulisan ilmiah dengan turnitin dan publikasi pada jurnal internasional.

“Salah satu fungsi dan tugas kami (perpustakaan) yang harus kami laksanakan guna mendukung tri dharma perguruan tinggi ialah memberikan literasi sekaligus memberikan pendampingan bagi civitas akademika baik mahasiswa, dosen maupun peneliti dalam publikasi ilmiah melalui penyedian sumber referensi dan layanan klinik pustaka ilmiah. imbuhnya

Disisi lain, Riah Wiratningsih, S.Sos., M.Si yang sekaligus selaku ketua pelaksana kegiatan saat ditemui wartawan sebelum acara berlangsung menyampaikan bahwa  yang melatarbelakangi diselenggarakan workshop ini adalah adanya mahasiswa, dosen yang belum  memahami tentang bagaimana menelusur sumber informasi elektronik  yang dapat dipercaya sebagai rujukan penulisan ilmiah, juga dilatar belakangi peraturan rektor  tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan program magister dan program doktor, tentang publikasi.

Oleh karena itu, inti dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada civitas akademika khususnya mahasiwa tentang bagaimana proses mencari sumber referensi yang dapat di percaya, setelah mendapatkan sumber referensi selanjutnya mensitasi dari hasil referensi tersebut, kemudian mencari tahu sejauh mana originalitas tulisan melalui plagiarism tools, hingga akhirnya submit kedalam jurnal.

“Masing-masing pembicara yang kami hadirkan dalam workshop ini ialah pustakawan yang berpengalaman dibidang masing-masing, mulai dari penelusuran sumber referensi hingga submit jurnal internasional” tambahnya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.