Skip to content Skip to footer

Perpustakaan UNS Kerjasama dengan BSN Buka SNI Corner untuk Mendukung Literasi Bidang IPTEK

SOLO – Bertempat di Ruang Nakula UPT Perpustakaan UNS Rabu, 12 April 2017, Perpustakaan UNS bekerjasama dengan BSN (Badan Standardisasi Nasional) membuka Standar Nasional Indonesia (SNI) Corner untuk mendukung literasi bidang IPTEK. Dari pihak BSN diwakili oleh Purwanto Hadi Saputro, ST. selaku Kepala Subbidang Terjemahan dan Kerjasama, Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi BSN, Sri Lestari Handayani, ST., selaku Kepala Subbidang Pengemasan Informasi Standardisasi, Pusat Informasi dan Dokumentasi StandardisasiBSN, dan Dedy Maulana staf BSN.

Dalam kesempatan ini mereka diterima langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan UNS, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum., didampingi Ketua Kelompok Jabatan Pustakawan, Daryono, S.Sos., M.IP., Kasubbag TU, Sugeng Widaryatno, S.IP., serta Ketua Divisi dan Koordinator UPT Peprustakaan UNS.

Menurut Kepala UPT Perpustakaan UNS, Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum. menyatakan baha keberadaan SNI Corner ini diharapkan dapat mendukung Perpustakaan UNS sebagai rumah kedua sekaligus sebagai pusat sumber belajar dan sumber informasi khususnya terkait dengan standar keilmuan dan standar teknologi, dalam upaya mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Apalagi Perpustakaan UNS ini sekarang buka layanan koleksi pustaka sampai pukul 21.00 WIB serta layanan 24 jam untuk di Klinik Pustaka Ilmiah dan di lobby perpustakaan. Ke depan, beliau berharap adanya penguatan, sinergi dan sinkronisasi untuk mendukung kerjasama secara kelembagaan antara UNS dan BSN.

Sedangkan menurut Puwanto Hadi Saputro, ST. dari BSN bahwa rencana pembukaan SNI Corner di Perpustakaan UNS ini sebagai tindaklanjut implementasi MoA (memorandum of action) dari MoU (memorandum of understanding) yang sudah ditandatangani antara UNS dan BSN terkait kerjasama pertukaran informasi. Menurutnya, penyebarluasan informasi melalui SNI Corner ini sesuai dengan amanat UU Nomor 20 tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. Tujuan utamanya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberi akses informasi seluasnya sehingga berguna untuk kemajuan bangsa menuju kehidupan yang lebih baik.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, manfaat eksistensi SNI Corner ini bisa dinikmati para mahasiswa dan civitas akademika sebagai agen penerapan SNI di beberapa daerah. SNI Corner ini pada dasarnya merupakan outlet informasi standardisasi, informasi akreditasi dan publikasi referensi terbitan BSN. Rencananya SNI Corner ini akan dilaunching pada saat Dies Natalis Perpustakaan UNS bulan Agustus 2017.

1 Comments

  • Mega Setiani
    Posted 26 May 2018 4:28 pm 0Likes

    whsemoga semakin maju dan berkembang ya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.