Perpustakaan UNS meluncurkan angkringan pustaka UNS

Muhammad Rohmadi, meluncurkan program Angkringan Pustaka UNS

Solo – Dalam rangka meningkatkan minat membaca dan menulis bagi sivitas akademika, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meluncurkan program angkringan pustaka UNS pada Senin (27/05/2019) bertempat di lobby Perpustakaan UNS.

Peluncuran angkringan pustaka ini sekaligus untuk menyongsong peringatan hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni mendatang. Melalui angkringan pustaka ini diharapkan dapat meningkatkan minat menulis dan membaca sivitas melalui gerakan Ratulisa (Rajin menulis dan membaca) bersama UPT Perpustakaan UNS. Dalam kegiatan ini pula digelar buka bersama seluruh keluarga besar UPT Perpustakaan UNS dan puluhan mahasiwa yang ikut dalam kegiatan ini.

Muhammad Rohmadi selaku Kepala UPT Perpustakaan UNS mengatakan bahwa program angkringan pustaka UNS merupakan wujud kepedulian perpustakaan UNS kepada pemustaka tidak hanya sivitas UNS,tetapi juga pemustaka dari luar UNS sebagai pendorong bagi pemustaka dalam upaya melestarikan budaya literasi. Hal ini selaras dengan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui gerakan literasi nasional.

 

“Kami berharap melalui angkringan pustaka UNS ini, lahirlah budaya literasi yang terbangun melalui diskusi, saling tukar wawasan antar pemustaka, membaca  di perpustakaan, serta mampu menjadi wadah saling berinteraksi dan bersilaturahim yang santai antar pemustaka” ujar Rohmadi

santap hidangan buka puasa, disela acara peluncuran Angkringan Pustaka

Ia menambahkan, Angkringan pustaka UNS menyediakan buku bacaan berupa novel, buku pengembangan skill, biografi tokoh dan buku-buku inspiratif lainnya. Disamping itu, di angkringan pustaka ini juga disediakan jajanan pasar ala HIK (Hidangan Istimewa Kampung) yang dapat dinikmati secara gratis bagi pemustaka yang memanfaatkan program ini. Adapun jajanan yang disediakan di angkringan pustaka ini bersumber dari sumbangan atau sedekah dosen, petugas, dan mahasiswa sebagai wujud kepedulian dan berbagi terhadap sesama.

Kedepan, melalui angkringan pustaka ini, perpustakaan UNS akan menyelenggarakan diskusi tematik yang rutin diselenggarakan, sehingga budaya diskusi, budaya silaturahim dan saling berinteraksi akan terus terjaga dan lestari, karena ini merupakan khazanah bangsa yang wajib dilanjutkan. (humas)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.