Perpustakaan UNS menerima kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang

Kordinator pelestarian bahan pustaka, Dinar Puspita saat memberikan materi

UNS – Bahan pustaka merupakan unsur yang sangat penting bagi sebuah perpustakaan. Sehingga keberadaannya membutuhkan perawatan dan penanganan secara berkala apabila ingin mencegah kerusakan yang akan terjadi terhadap bahan pustaka tersebut. Pemeliharaan dan perawatan bahan pustaka tidak hanya secara fisik saja, namun juga meliputi isinya yang terkandung informasi didalamnya.

Dalam hal ini, Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan observasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan Endang Winarni S.H., pada Kamis (14/11/2019) bertempat di ruang Nakula lantai 2 Gedung Perpustakaan UNS dan diterima oleh Ketua Divisi Pengolahan dan Pemeliharaan Bahan Pustaka, Sunarno, S.Sos., didampingi oleh beberapa staf perpustakaan UNS.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka orientasi mengenai perawatan dan pelestarian bahan pustaka, untuk mengetahui bagaimana cara memelihara dan merawat bahan pustaka yang diterapkan di perpustakaan UNS sehingga dapat diimplementasikan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Magelang.

Dalam sambutannya, Sunarno menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang yang telah mengunjungi perpustakaan UNS, dan menjadikan rujukan dalam hal pelestarian bahan pustaka.

“Banyak tugas yang dilakukan divisi kami dalam melestarikan bahan pustaka, mulai memperbaiki buku yang rusak, memfumigasi secara berkala hingga alih media bahan pustaka ke digital seperti naskah kuno dan karya tulis ilmiah. Hal ini kami (divisi pengolahan dan pemeliharaan bahan pustaka) lakukan agar bahan pustaka tetap bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemustaka” ujarnya

Dalam kunjungan ini, rombongan pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang mendapatkan materi yang lengkap dilanjutkan dengan praktek mengenai pelestarian bahan pustaka yang dipandu oleh Kordinator perawatan bahan pustaka Perpustakaan UNS, Dinar Puspita Dewi, M.IP. Disamping itu, rombongan dapat melihat langsung beberapa naskah kuno yang sedang dialih mediakan.

praktek pelestarian bahan pustaka

melihat naskah kuno dan proses transliterasi naskah kuno

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.