Perpustakaan UNS menggelar Seminar Internasional bertajuk Big Data

UNS – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Seminar Internasional dengan tema “Big Data: Building and Disseminating Research in Higher Education’’ Selasa (19/03/2019) bertempat di Ruang Werkudara lantai 2 UPT Perpustakaan UNS.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan tentang pentingnya riset dalam sebuah lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi, sehingga mampu mewujudkan atmosfer riset yang berkelanjutan dan berkualitas melalui peran pustakawan di era revolusi industri 4.0. Seminar ini diikuti oleh dosen, mahasiswa, pustakawan dan peneliti dari berbagai daerah di Indonesia.

Seminar internasional ini menghadirkan dua narasumber yaitu Clarivate Analytic Mr. Diu Seng SEE, Ph.D., dan Dr. Eng. Agus Purwanto, S.T., M.T, Dosen Fakultas Teknik UNS. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 bidang akademik Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D.

Pada kesempatan ini, Diu Seng SEE menyampaikan materi dengan judul How to publish for maximum impact?: Research in the Big Data era. Menurut Diu Seng SEE di era big data ‘’ 80/20 rule becomes ever MORE important’’ Bahwa 80% kutipan/dampak  berasal dari 20% jurnal, Maka kita harus selektif, pilih 20% tersebut. Diu Seng SEE juga memberikan penjelasan bagaimana cara menentukan istilah pencarian melalui big data (Web of Science).

Disisi lain, Agus Purwanto berbicara tentang big data di perguruan tinggi  dan peran perpustakaan di dalamnya. Berkaitan dengan big data, dalam hal ini pustakawan ditantang untuk mampu memanfaatkan potensi big data tersebut dari segi non teknis, yaitu menggunakan tools yang sudah ada tersebut untuk melakukan pencarian maupun analisis trend penelitian dalam perannya berkolaborasi dengan mahasiswa, dosen, dan peneliti.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.