Perpustakaan UNS menjadi tempat studi magang mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang

 

Sambutan Ketua Divisi Penjaminan Mutu Perpustakaan UNS, Daryono disela acara penerimaan studi magang

Solo – Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menjadi tujuan studi magang bagi mahasiswa luar UNS. Hal ini bisa kita lihat pada hari Senin (2/12/2019) di ruang Nakula lantai 2, Perpustakaan UNS menerima sebanyak 32 mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Universitas Kanjuruhan Malang. Kegiatan ini didampingi oleh dosen Bahasa Indonesia Dr. Rahutami, M.Hum., dan diterima oleh Ketua Divisi Pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Perpustakaan UNS, Dra. Tri Hardiningtyas, M.Si., dan Ketua divisi Penjaminan Mutu, Daryono, S.Sos., M.IP.

Tujuan dari kegiatan ini sebagaimana disampaikan Rahutami ialah sebagai ajang silaturahim dan kerjasama antar Universitas, sekaligus untuk menimba ilmu mengenai pengelolaan perpustakaan secara langsung. Selama ini, mahasiswa studi magang mendapatkan teori mata kuliah perpustakaan hanya didalam kelas saja. Maka dari itu, kami memilih perpustakaan UNS sebagai tempat studi magang yang akan kami laksanakan mulai tanggal 2-13 Desember mendatang.

“Selama kurang lebih 2 minggu kedepan, kami minta kepada mahasiswa studi magang untuk belajar dengan maksimal di perpustakaan UNS, dan mengikuti aturan yang berlaku selama studi magang. Tentunya kami mohon bimbingan dan arahannya dari bapak ibu pustakawan UNS agar kegiatan studi magang ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan tujuan” imbuhnya

Pada kesempatan lain, Daryono menjelaskan bahwa kegiatan magang akademik ini merupakan salah satu program atau layanan unggulan yang diselenggarakan  perpustakaan UNS sebagai wadah pembelajaran nyata melalui kerja praktek bagi mahasiswa dalam meningkatkan skill dan kompetensi diri khususnya di bidang pengelolaan perpustakaan.

Oleh karena itu, perpustakaan UNS sering menjadi tempat studi magang dari berbagai perguruan tinggi diluar UNS, seperti IAIN Surakarta, UGM, Undip, Unair, UM dan perguruan tinggi lainnya. Melalui program magang akademik ini, mahasiswa akan diberikan materi praktek mengelola perpustakaan, mulai dari pengolahan bahan pustaka, pelayanan sirkulasi, hingga perawatan bahan pustaka. Setelah program magang akademik selesai, mahasiswa diminta untuk membuat laporan kegiatan selama studi magang di perpustakaan, dan akan diberikan sertifikat kompetensi dibidang perpustakaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan singkat mengenai profil perpustakaan UNS dilanjutkan dengan berkeliling perpustakaan (library tour) sebelum mahasiswa ditugaskan ke tempat masing-masing sesuai kelompok.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.