Press Release: Perpustakaan UNS selenggarakan Pameran Inovasi Perpustakaan PT dan Festival Literasi Kreatif di Era Digital

Dalam rangka Dies Natalis UNS yang ke-43, UPT Perpustakaan UNS selenggarakan “Pameran inovasi perpustakaan PT dan festival literasi kreatif di era digital” tanggal 17-19 Maret 2019 di Lt 1 Perpustakaan UNS. Pameran dibuka oleh Rektor UNS yg diwakili oleh Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. selaku koordinator bidang Pameran dan seminar ilmiah Dies Natalis UNS ke-43 Didanpingi oleh Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum selaku kepala UPT Perpustakaan UNS.

Dalam kegiatan ini, pameran dikuti oleh Perpustakaan UNS, UMS, ISI Surakarta, IAIN Surakarta, Monumen Pers Surakarta dan beberapa penyedia ebook dan ejournal internasional.

Dalam kegiatan pameran inovasi ini Perpustakaan UNS meluncurkan “Mobilib dan QRCode” untuk pemustaka Perpustakaan UNS. Mobilib dan QRCode ini diharapkan dapat membantu para pemustaka memanfaatkan Literasi Informasi dan pengetahuan dengan media anderoid. Upaya penguatan dan pengembangan layanan prima dan keunggulan perpustakaan UNS sebagai pusat sumber belajar dan informasi.

Selain pameran, perpustakaan UNS menyemarakan kegiatan festival literasi kreatif dengan tiga kegiatan: (1) talkshow literasi kreatif dengan narasumber (a) Drs. Pangesti Wiedarti, M. Appl. Ling., Ph.D (Satgas GLS Kemdikbud dari UNY) (b) Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. (Kepala perpus UNS dan Pegiat Literasi di Lembaga Literasi Arfuzh) yang dimoderatori oleh Sri Utari (Pustakawan UNS).

Dalam kegiatan ini kedua narasumber memberikan paparan mengenai gerakan literasi sekolah (GLS) dan penguatan SDM pustakawan di era digital. Dalam rangka penguatan literasi, Muhammad Rohmadi menegaskan dengan Ratulisa (rajin menulis dan membaca). Dengan literasi Ratulisa diharapkan dapat mengubah mindset dan percepatan pengembangan para SDM pustakawan, guru, dosen, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat di seluruh pelosok NKRI.

Festival literasi kreatif juga selenggarakan (2) workshop penulisan kreatif yg diisi oleh Dr. Isnaniah, M.Pd. (IAIN Surakarta,) dan Wahid, S.IP (Pustakawan LIPI) pada tanggal 18 Maret 2019. Kemudian kegiatan yang lain (3) Seminar Internasional “Internasional Conference in Big Data” yang dapat mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seminar ini menghadirkan Dr. Eng. Agus Purwanto, M.T. (Fak Teknik UNS), dan Diu Seng See, Ph.D (AM Clarivite Analytic) pada tanggal 19 Maret 2019.

Semua kegiatan ini diharapkan dapat mengubah mindset para pustakawan, praktisi perpustakaan, guru, dosen, peneliti, dan masyarakat di Indonesia untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional dan enam literasi dasar untuk menyosong abad ke-21. Inovasi tiada henti terus dilakukan oleh perpustakaan UNS yang telah terakreditasi A, ISO, dan contributor ke-2 di onesearch.id setelah Perpusnas. Selamat berliterasi digital demi kemajuan dan kejayaan NKRI.

 

Surakarta, 17 Maret 2019
Kepala UPT Perpustakaan UNS,

Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.