r_M Rohmadi

Salam Pustaka!

Mimpi dan imajinasi lebih kuat dari pengetahuan kita.

Pengetahuan hanya dapat diperoleh dengan membaca pustaka secara langsung dan tidak langsung untuk membuka cakrawala dunia. Salah satu sumber pengetahuan dan belajar adalah perpustakaan. Dengan demikian, jadikanlah perpustakaan dan lingkungan sebagai sahabat dalam belajar untuk pengembangan kompetensi diri dalam bidang hardskill dan softskill secara terintegrasi dan berkelanjutan sepanjang hayat. Dosen, mahasiswa, dan seluruh civitas akademika menjadi cermin bagi masyarakat dalam bidang pengembangan ilmu secara individual dan kolegial. Oleh karena itu, pengintegrasian bahan-bahan pustaka dengan kebutuhan bacaan dosen, mahasiswa, dan seluruh civitas akademika semakin diperlukan saat ini. Hal ini sebagai bentuk komitmen kolegial dalam meuwujudakn visi, misi, dan tujuan kelembagaan dan juga visi pengembangan keilmuan secara kolaboratif, antara lembaga, pemerintah dan nonpemerintah serta masyarakat pendidikan di Indonesia dan dunia.

Selamat datang di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kami siap melayani Saudara-saudaraku untuk belajar dan berselancar ke seluruh penjuru dunia melalui sumber-sumber pustaka yang dimiliki UPT Perpustakaan UNS. Layanan prima menjadi prinsip kami dengan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun untuk menemani dan melayani seluruh civitas akademika dan para pembaca yang budiman selama di perpustakaan atau pun melalui situs resmi kami. Berbagai keunggulan yang kami miliki dapat diakses secara prima sebagai pusat sumber belajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pendidikan. Kami berprinsip untuk melayani dengan prima dan dapat menjadi patner seluruh civitas akademika untuk menghasilkan karya-karya yang unggul di tingkat nasionat pada tahun 2020, di tingkat asia tenggara pada tahun 2025, dan di tingkat dunia pada tahun 2030.

Situs kami merupakan media yang efektif untuk berkomunikasi online dan memperkenalkan kepada seluruh civitas akademika di lingkungan UNS dan di seluruh dunia yang ingin mengetahui UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta lebih dekat dan terintegrasi secara kelembagaan dengan kami. Adapun informasi yang dapat diketahui dalam situs ini meliputi, sejarah singkat berdirinya UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, deskripsi singkat mengenai tupoksi, visi, dan misi UPT Perpustakaan, fasilitas, jenis layanan, jenis koleksi, pengembangan UPT Perpustakaan, kerja sama dengan pihak luar Universitas Sebelas Maret, dan informasi tentang sumber daya manusia di UPT Perpustakaan.

Akhirnya, kami sadar sepenuhnya. Kami tidaklah sempurna dalam melayani Bapak dan ibu. Oleh karena itu, kritik, saran, dan usulan yang mendukung dan menguatkan kinerja serta layanan kami, akan selalu kami terima dengan terbuka dan senang hati, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk perbaikan layanan kami pada masa yang akan datang.

Selamat membaca! Bukalah cakrawala dunia dengan senyum dan penuh kebahagian untuk diimplementasikan menuju kemaslahatan umat dan kemajuan bangsa Indonesia.

Salam Pustaka:
Menyibak Jendela Dunia untuk Kemajuan
Pendidikan Indonesia

Surakarta, 6 Juli 2015
Kepala
UPT Perpustakaan ,

Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum
NIP.197610132002121005

 

Deskripsi singkat tugas, fungsi, visi, misi, dan tujuan

UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret

Tugas
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 82/2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sebelas Maret, tugas UPT Perpustakaan adalah memberikan layanan kepustakaan.

Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, UPT Perpustakaan mempunyai fungsi; (1) penyusunan rencana, program, dan anggaran UPT, (2) penyusunan rencana, kebutuhan, dan penyediaan pustaka, (3) pengolahan bahan pustaka, (4) pemberian layanan dan pendayagunaan bahan pustaka, (5) pemeliharaan bahan pustaka, dan (pelaksana urusan tata usaha UPT.)

Visi
Menjadi pusat sumber belajar, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan layanan informasi yang prima dan unggul di tingkat dunia pada tahun 2030.

Misi
1. Menjadi mitra seluruh civitas akademika dan pemustaka sebagai pusat sumber belajar mandiri berbasis pustaka.
2. Menjadi mitra seluruh civitas akademika dan pemustaka sebagai pusat penelitian mandiri dan kolegial berbasis pustaka.
3. Menjadi mitra layanan prima bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka secara mandiri dan kolegial yang mendukung implementasi tri dharma perguruan tinggi.
4. Menjadi pusat media publikasi dan pusat koleksi berbagai keunggulan ilmiah bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka di tingkat nasional, asia tenggara, dan dunia.

Tujuan
1. Mewujudkan kemitraan dan integrasi pustaka sebagai pusat sumber belajar mandiri berbasis pustaka bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka.
2. Mewujudkan kemitraan sebagai pusat penelitian mandiri dan kolegial berbasis pustaka bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka.
3. Mewujudkan kemitraan dengan semua kelembagaan dan civitas akademika dengan layanan prima bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka secara mandiri dan kolegial.
4. Mewujudkan kemitraan sebagai pusat media publikasi dan koleksi berbagai keunggulan ilmiah bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka, di tingkat nasional pada tahun 2020, di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2025, dan di tingkat dunia pada tahun 2030.

Sejarah Singkat UPT. Perpustakaan

Sejarah UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret tidak terlepas dari sejarah lembaga induknya yaitu Universitas Sebelas Maret. Universitas Sebelas Maret pada mulanya merupakan penggabungan dari sepuluh Perguruan Tinggi swasta di Surakarta dan IKIP Negeri Surakarta.

Universitas-universitas swasta tersebut semula bergabung dalam satu wadah, yaitu Universitas Gabungan Surakarta (UGS). Beberapa di antaranya turut menggabungkan perpustakaannya menjadi perpustakaan UGS yang berpusat di Pagelaran Kraton Surakarta, sedangkan perpustakaan IKIP Negeri tetap menempati gedung di Purwosari, perpustakaan PTPN di Tirtomoyo dan perpustakaan STO di Manahan.

Sejak di resmikannya pada tanggal 11 Maret 1976 dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 10 tahun 1978, hapuslah semua perguruan tinggi tersebut dan melebur menjadi satu, yaitu menjadi Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta yang berpusat di Pagelaran, tetapi perpustakaannya masih terpencar.

Mengingat perkembangan jumlah mahasiswa yang sangat cepat dan terbatasnya serta tersebarnya fasilitas yang diperlukan untuk kelancaran proses belajar dan mengajar, dirasa sangat mendesak terwujudnya kesatuan dan persatuan potensi Universitas Sebelas Maret.

Oleh karenanya, pada tahun 1981 semua perpustakaan diperintahkan untuk dipindahkan ke kampus Kentingan, hal ini sesuai dengan PP No. 5/1980. Berdasarkan SK Rektor Universitas Sebelas Maret tanggal 14 Agustus 1980, No. 134/PT.40/ C/1980 didirikanlah UPT (Unit Pelaksana Teknis).Selanjutnya, merujuk Permendikbud No. 82 tahun 2014 tentang SOTK UNS, UPT Perpustakaan menjadi salah salah satu Unit Pelaksana Teknis yang bertugas memberikan layanan kepustakaan.

Fasilitas

Untuk menunjang pelayanan kepada pengguna layanan perpustakaan, kami dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti; Ruang baca, Taman baca, Komputer (OPAC untuk Penelusuran Informasi bahan pustaka), Kantin, Foto Kopi, Internet, Locker (tempat tas), Individual study room (ruang belajar mandiri), Ruang Koleksi, Mushola, serta Ruang seminar.