Serials Collection

1. Pengantar

 

Apa itu koleksi  serial?

Menurut ALA Glossary of Library Term, serial adalah suatu publikasi yang diterbitkan dengan jarak penerbitan regular ataupun irregular, dimaksudkan untuk kelanjutan  tanpa batas. Termasuk di dalamnya adalah periodicals, magazines, journals, dan yearbooks. Publikasi ini dapat diterbitkan di media cetak, non-cetak, dan / atau format elektronik. Perpustakaan berlangganan sejumlah besar jurnal ilmiah untuk memberikan informasi terkini tentang berbagai disiplin ilmu untuk mengakomodasi kebutuhan sivitas akademika UNS yang beragam.


 2. Jenis Koleksi

Koleksi serial UPT Perpustakaan UNS berada di lantai satu sebelah barat meliputi:

2.A. Surat Kabar

Diterbitkan dalam  interval yang sering (harian, mingguan, atau semi-mingguan), yang berisi berita, opini, iklan, dan informasi terbaru  lainnya. Adapun surat kabar yang dilanggan meliputi:

Bisnis Indonesia Kompas
Jakarta Post Republika
Jawa Pos Solo Pos
Joglo Semar Suara Merdeka
Kedaulatan Rakyat SINDO (Seputar Indonesia)

2.B. Majalah

Berisi artikel populer yang biasanya lebih pendek dari artikel jurnal pada subjek yang sama. Koleksi majalah meliputi:

Asri Nirmala
Bola (buletin) Peluang Usaha
Horison Penjebar Semangat
Info Komputer Properti
Intisari SWA
Laras Tempo
National Geographic Trubus
Warta Ekonomi

2.C. Jurnal Ilmiah (tercetak)

Berisikan artikel mengenai ilmu pengetahuan berdasarkan hasil penelitian, biasanya dikelola dan diterbitkan oleh lembaga-lembaga ilmiah, perguruan tinggi, dan organisasi profesi. Koleksi jurnal ilmiah disajikan secara terbuka, dimana pemustaka bebas mengambil koleksi yang disusun berdasarkan subyek (Setiap subyek berada dalam rak tersendiri).  Pencarian artikel jurnal ilmiah dapat diakses melalui intranet ataupun internet dengan software sistem informasi manajemen perpustakaan, yaitu UNSLA (UNS Library Automation). Koleksi ini meliputi subyek:

Agama Perpustakaan
Bahasa, Sastra, Budaya Pertanian
Ekonomi Pendidikan
Hukum & HAM Peternakan
Ilmu Tanah & Air Sains & Teknologi
Kebijakan Publik & Perempuan Seni
Kedokteran & Kesehatan Sosial, Politik & Komunikasi
Kehutanan Teknik
Kelautan dan Perikanan Teknologi Industri
MIPA Universitaria

2.D. Jurnal Ilmiah elektronik

E-journal atau jurnal elektronik merupakan jurnal yang tersedia melalui media elektronik atau web yang telah diformat sedemikian mudah untuk pengguna yang membutuhkan informasi ilmiah.  Koleksi e-journal meliputi berbagai disiplin ilmu, dengan database sebagai berikut.


3. Layanan

Koleksi surat kabar, majalah, dan jurnal tercetak tidak dapat dipinjamkan melainkan dibaca ditempat atau difoto copy. Layanan pada pukul 07.30 WIB—15.30 WIB.

Alur layanan: