UPT Perpustakaan UNS Adakan Workshop Internasional Penulisan Jurnal Penelitian

SOLO – Hari Rabu, 30 Maret 2016, UPT Perpustakaan UNS menggelar international workshop bertajuk “Writing a Great Paper and Getting it Published in a Research Journal” di Ruang Seminar lantai 7 UPT Perpustakaan UNS. Dalam kesempatan ini, UPT Perpustakaan UNS bekerja sama dengan pihak Elsevier. Kegiatan ini menampilkan dua pembicara yang diminta untuk memberikan materi yaitu: Valerie Teng-Broug (Journal Publisher Elsevier) dan Nicholas Pak (Solutions Consultant Elsevier Amsterdam). Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D. didampingi Kepala UPT Perpustakaan UNS Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum. dan Kepala UPT Layanan Internasional (International Office) Taufik al-Ma’mun, SS., MA. Acara ini  diikuti oleh 250-an dosen, pustakawan, mahasiswa UNS dan tamu undangan lainnya.

Dalam paparannya, Valerie Teng-Broug (Journal Publisher Elsevier) berbagi kiat dan aturan standar terkait kepenulisan jurnal agar bisa dipublikasikan Elsevier, mulai dari pengutipan, penggunaan tata bahasa, serta alur proses publikasi jurnal internasional sampai dengan tahap penerimaan untuk bisa dipublikasikan. Sedangkan Nicholas Pak memberikan penjelasan jika jurnal sudah dipublikasikan, sehingga  bisa dibuka dan dibaca oleh para pencari referensi, serta bagaimana kiat membagikan link (tautan) dari jurnal mereka yang sudah dipublikasi kepada para mahasiswa.

Kepala UPT Perpustakaan UNS Dr. Muhammad Rohmadi, SS., M.Hum. mengungkapkan bahwa kegiatan ini ke depannya bisa terus berkelanjutan dalam rangka mendukung UNS menuju PTN-BH dan World Class University (WCU). Selain itu juga sebagai upaya peningkatkan penjaminan mutu akademik dan peningkatan kualitas pembelajaran di Universitas Selas Maret yang berbasis publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal internasional. (Divisi Humas, Kerjasama dan Bisnis).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *