UPT Perpustakaan UNS Luncurkan Program Layanan KLINIK PUSTAKA ILMIAH

Penulis : Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. (Kepala UPT Perpustakaan)

Klinik pustaka ilmiah ini merupakan tindak lanjut dari hasil identifikasi minimnya pemanfaatan sitasi dan penelusuran jurnal internasional dan buku elektronik yang dilanggan oleh UPT PERPUSTAKAAN Universitas Sebelas Maret oleh mahasiswa S-1, S-2, S-3 yang sedang menulis tugas akhir, dan dosen di lingkungan UNS. Terkait dengan hal tersebut, kami terus berusaha untuk mensosialisasikan kepada dekan, ketua lembaga, ketua pusat studi, dekan, wakil dekan, dan ketua program studi melalui bahan cetak dan elektronik. Terkait dengan hal tersebut, UPT Perpustakaan UNS berusaha memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada seluruh mahasiswa S-1, S-2, S-3, dan bapak/ibu dosen yang mungkin masih mengalami kesulitan untuk mengakses e-journal dan e-book yang dilanggan UNS.

Program layanan Klinik Pustaka Ilmiah (KPI) dilayani di UPT Perpustakaan di Ruang KPI lantai satu gedung sayap utara. Program layanan ini diluncurkan dalam rangka percepatan dan pemberdayaan semua langganan jurnal dan buku elektronik UPT Perpustakaan UNS untuk seluruh cicitas akademika. Selain itu, program layanan klinik pustaka ilmiah ini diharapkan dapat meningkatkan keinginan dan kebutuhan membaca para mahasiswa dan bapak ibu dosen untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pusat layanan informasi. Dengan pemberdayaan dan pengintegrasiaan layanan klinik pustaka ilmiah ke dalam proses pembelajaran diharapkan dapat mendukung capaian key performance indicator (KPI) UNS, khususnya di bidang akademik dan sistem informasi.

Berbagai upaya untuk mendukung program layanan Klinik Pustaka Ilmiah ini, UPT Perpustakaan sudah menyiapkan para Pustakawan yang akan menjadi pendamping dan konsultan para mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 setiap hari Selasa secara berkelompok. Selain hari Selasa, UPT Perpustakaan UNS juga melayani Klinik Pustaka Ilmiah setiap hari, baik di perpustakaan maupun di fakultas atau program studi bapak dan ibu dosen di lingkungan UNS apabila ada permintaan secara kelembagan. Selain itu, Klinik Pustaka Ilmiah UPT Perpustakaan juga siap bekerja sama dengan pihak luar setelah melalui prosedur kerja sama sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UNS. Dengan demikian, upaya untuk mewujudkan visi UPT Perpustakaan UNS sebagai pusat sumber belajar, penelitian, pengabdian, dan layanan informasi dengan prima dan unggul dapat segera tercapai sesuai dengan target yang dicanangkan sesuai dengan renstrategis.

Salam Pustaka:

Menyibak Jendela Dunia untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.