UPT Perpustakaan UNS Luncurkan Program Magang Profesi bagi Mahasiswa dan Alumni

Ditulis Oleh : Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum (Kepala UPT Perpustakaan UNS)

UPT Perpustakaan  Universitas Sebelas Maret meluluncurkan program magang profesi (MP) untuk para mahasiswa semester delapan atau alumni UNS yang sudah lulus. Program magang profesi (MP) ini diluncurkan dalam rangka untuk membuka peluang kerja magang profesi bagi mahasiwa tingkat akhir atau alumni yang berminat bekerja di bidang pustakawan. Program magang profesi  Angkatan I diikuti oleh 12 mahasiswa tingkat akhir dan alaumni UNS, angakatan I tanggal 11 Agustus s.d. 11 September 2015. Program magang profesi ini ada yang berjangka satu bulan, tiga bulan, dan program magang yang sampai enam bulan.

Program magang ini diharapkan dapat membantu percepatan dan penyiapan para mahasiswa tingkat akhir dan alumni yang berminat bekerja di bidang pustakawan memiliki kompetensi di bidangnya. Hal ini menindaklanjuti adanya Permendikbud No. 21/2015 mengenai keharusan siswa membaca buku nonpelajaran 15 menit sebelum pelajaran dimulai di sekolah. Dengan adanya permendikbud tersebut, sekolah-sekolah dan madrasah membutuhkan perpustakaan dan pustakawan yang professional dalam mengelola. Oleh karena itu, UPT Perpustakaan UNS berusaha untuk turut serta mendukung keberhasilan pemerintah dan bidang akademik untuk pemerdayaan perpustakaan dan program studi melalui program magang profesi.

Para peserta magang dibekali dengan training dan pendampingan sejak dari  seleksi, indentifikasi, katalogisasi, barcode, pelabelan, layanan sirkulasi,  dengan ditanamkan teknik-tenik layanan prima dan unggul dalam berbagai kinerja secara berkelanjutan. Dalam program magang profesi tersebut dilatih oleh Agus selaku koordinator magang profesi. Program ini diharapkan dapat mendukung percepatan dan membekali para mahasiswa dan alumni UNS untuk menciptakan dan menemukan lapangan pekerjaan di bidang pustakawan.

 Salam Pustaka: Menyibak Jendela Dunia untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.