UPT Perpustakaan UNS Masuk Top Contributors Data Pustaka di Indonesia OneSearch

Perpustakaan UNS masuk urutan ketiga dalam top contributors data pustaka di onesearch.id. sesuai dengan release pada laman onesearch.id hari Rabu, 22 November 2017 setelah Perpusnas (785,627),  BPAD DIY (188,395), dan Perpustakaan UNS (185,501). Sistem big data onsearch.id merupakan sistem yang dibangun oleh Perpustakaan Nasional untuk mengintegrasikasikan data-data bahan  pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan di seluruh Indonesia. Sistem ini dibangun untuk memberikan layanan kepada seluruh masyarakat di era digital sehingga dari seluruh pelosok negeri dapat diakses seluruh bahan pustaka di Indonesia.

Penjelasan kepala UPT Perpustakaan UNS,  Muhammad Rohmadi di sela-sela melayani audit eksternal pada survelent ISO di Perpustakaan UNS bahwa perpustakaan UNS ingin menjadi pusat sumber belajar dan informasi bagi seluruh masyrakat Indonesia di era milenial melalui website: library.uns.ac.id, digilib.uns.ac.id, journal.uns.ac.id, dan eprints.uns.ac.id. Sumber belajar dan informasi yang disajikan di laman-laman tersebut dikatakan sudah terintegrasi dengan berbagai laman-laman resmi, seperti perpusnas.go.id, ristekdikti.go.id, kemdikbud.go.id, dan laman lainnya yang mendukung sivitas akademika untuk melakukan tri dharma perguruan tinggi.

Saat ini perpustakaan UNS terus melakukan penguatan kerja sama dengan perpusnas, perpustakaan di ASEAN, dan juga perpustakaan di Taiwan. Kegiatan yang sudah dilakukan antara lain kedua belah pihak membuka taiwan center di Perpustakaan UNS dan UNS Center di Perpustakaan NKNU Taiwan. Peningkatan akses dan layanan yang dilakukan perpustakaan UNS bertujuan untuk mendukung percepatan mewujudkan visi, misi, dan tujuan UNS menuju World Clas University.  Perpustakaan UNS yang terkenal dengan branding tagline “prima dan unggul” terus berbenah menuju perpustakaan yang unggul di dunia. ( Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.- Kepala UPT Perpustakaan UNS)

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.